Tips Menentukan Jurusan Masuk SMK Teknik

Untuk adek-adek yang akan masuk jenjang Sekolah Kenengah Kejuruan (SMK) alangkah baiknya untuk mengetahui jurusan yang tepat untuk adek-adek supaya tidak menyesal di akhir. Pada dasarnya semua jurusan SMK itu tidak ada yang tidak baik tetapi jika sudah merasa salah memilih jurusan itu yang akan salah untuk karir adek-adek. Mengapa demikian ? Karena minat dan hobi itu kadang lebih di dahulukan untuk seumuran adek-adek ini. Yang jelas semua dibekali niat dan tekad yang kuat untuk mengejar cita-cita karena tak ada yang praktis di dunia ini.

Saya punya beberapa beberapa tips untuk adek-adek yang akan melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan.

Bidang

Yang saya maksud bidang yaitu tentang bergerak dimana jurusan tersebut. Misalnya seperti saya itu masuk Multimedia bergerak dibidang seni atau mungkin adek-adek berminat di jurusan Teknik Instalai Tenaga Listrik (TITL) yang bergerak di bidang kelistrikan dan yang pasti bergelut dengan matematika, elektro dan fisika.

Hobi dan Bakat

Mengapa hobi dan bakat juga terkait untuk memilih jurusan ? Karena hobi dan bakat sangatlah menunjang prestasi yang akan adek-adek raih ketika sudah masuk di jurusan yang adek-adek pilih. Misalnya hobi kalian itu mengotak atik mesin motor ataupun mobil maka saya sarankan untuk memilih jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) atau Teknk Kendaraan Ringan (TKR).

Peluang Kerja

Inilah sesungguhnya yang paling penting untuk menentukan jurusan SMK Teknik. Kenapa ? Karena jelas sekali SMK itu adalah sekolah yang mencetak siswa-siswi untuk siap kerja. Jadi, saran saya pilihlah jurusan yang benar-benar peluang kerjanya banyak dan kompetitornya sedikit.

Akreditas Jurusan

Yang terakhir adalah akreditas jurusan. Akreditas jurusan juga menunjang untuk mencari pekerjaan karena perusahaan-perusahan besar akan mempertimbangkan hal ini ketika kita melamar pekerjaan nantinya.

Itulah beberapa tips yang saya punya. Semua tips tersebut berdasarkan pengalaman dan pengamatan pribadi. Jika ada kurangnya mohon dimaklumi dan silahkan berkomentar untuk meningkatkan kualitas artikel saya ini.
Semua jurusan itu susah-susah gampang tergantung niat dan tekat kita masing-masing. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga artikel terkait :

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian Tentang Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Pengertian Tentang Jurusan Teknik Gambar Bangunan

Pengertian Tentang Jurusan Multimedia