Pengertian Tentang Jurusan Multimedia

Sebelum kalian masuk di dunia multimedia alangah baiknya kalian tau apa sih multimedia itu ? Kenapa namanya multimedia ? Kapan multimedia itu diciptakan ? Dan bagaimana prosesnya ? Oke, langsung saja kita bahas untuk lebih jelasnya.

Pengertian Multimedia

Pengertian Tentang Jurusan Multimedia

Pengertian Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat ber-(navigasi), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Pengertian Multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan berbagai bentuk elemen seperti teks, graphics, animasi, suara, maupun video sebagai pendukung untuk menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi audiens-nya.
Pengertian Multimedia merupakan suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat-alat lain seperti televisi, monitor, video dan piringan optik atau sistem yang dimaksudkan untuk menghasilakan penyajian audio visual yang utuh.
Pengertian Multimedia adalah sebuah media dan konten  yang menggunakan kombinasi bentuk konten yang berbeda. Istilah ini dapat digunakan sebagai kata benda (sebuah media yang memiliki beberapa bentuk konten) atau sebagai kata sifat yang menggambarkan media yang memiliki beberapa bentuk konten.
Menurut saya pengertian multimedia itu bidang yang menyalurkan kreativitas dan inovasi dalam berkarya yang fleksibel untuk perkembangan zaman. Karena pada dasarnya ilmu multimedia tidak ada batasnya, batasnya hanyalah kreativitas kita masing-masing.
Kesimpulannya pengertian multimedia adalah sebuah media yang menggunakan konten seperti teks, gambar, animasi, suara maupun video untuk menyampaikan informasi, berkomunikasi dan sebagai hiburan.

Lalu apa yang akan saya dapat jika saya masuk jurusan multimedia di sekolah menengah kejuruan ?

Menurut pengalaman saya yang telah mengmbil jurusan Multimedia di salah satu sekolah menengah pertama di kota Nganjuk. Saya mendapakan banyak sekali pengetahuan tentang perangkat komputer (Software dan Hardware), membangun sebuah website, Videografi, Photografi, Cara menggambar, dan membuat animasi 2D dan 3D. Jadi, kalian akan diajari semua hal itu. Menarik bukan ?

Menurut saya menarik karena banyak hal yang bisa saya lakukan dengan hanya duduk di depan laptop tetapi jika kalian sukanya di dunia videografi atau fotografi maka kalian harus explore tempat-tempat yang amazing.

Yang jago gambar silahkan masuk multimedia untuk mengembangkan bakat kalian yang semula gambarnya hanya di kanvas. Setelah masuk multimedia kalian akan diajarkan menggambar digital bahkan menggerakan gambar kalian menjadi lebih hidup seperti kartun Upin dan Ipin, Boboy, sampai transformer menggunakan software CorelDraw, Photoshop, Adobe Ilustrator, 3Dx Max, Blender, Adobe Flash dan lain sebagainya. Untuk yang tidak bisa menggambar atau mungkin kalian berfikir tak punya bakat menggambar tenang saja pasti setelah masuk multimedia kalian akan jago gambar seperti saya. Hehehe.. Karena saya sendiri awalnya tidak bisa menggambar dan tidak punya darah keturunan seniman tetapi dari menggambar saya bisa menghasilkan uang jutaan rupiah.

Yang hobi bikin video sama jeprat-jepret (fotografi) saya sarankan untuk masuk ke dunia multimedia karena disana akan diajarkan berbagai teknik pengambilan gambar yang baik dan benar serta mengedit foto maupun video dengan berbagai efek amazing.
Inilah beberapa karya saya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian Tentang Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Pengertian Tentang Jurusan Teknik Gambar Bangunan